Xavi Hernandez Digadang-gadang Menjadi Pelatih Barcelona. Hal itu karena ia merupakan legenda klub dan memahami dengan baik klub Catalan tersebut.

Xavi Hernandez digadang sebagai salah satu kandidat pelatih di Camp Nou andaikan Ronald Koeman ‘dirumahkan’. Akan tetapi, jalan Xavi untuk menjadi pelatih raksasa Spanyol itu sepertinya cukup sulit. Sebab ada penolakan dari orang berpengaruh.

Performa melatih Koeman sebetulnya pernah mendapat banyak kritikan sejak musim 2020/2021 yang lalu. Terdapat banyak perasaan tak puas atas hasil yang ditorehkan pelatih asal Belanda tersebut.

Namun untungnya trofi Copa del Rey membuat sang pelatih tetap dipertahankan oleh manajemen dan aman untuk sementara waktu.

Kursi yang ditempati oleh pelatih asal Belanda itu kembali panas di awal kompetisi 2021/2022. Barcelona memang sejauh ini belum pernah mengalami kekalahan di La Liga Spanyol.

Namun, hasil buruk mereka atas Bayern Munchen, ditambah 3 hasil seri di La Liga Spanyol, dan gaya bermain Barca yang ia tampilkan saat ini membuat Koeman kembali terdesak.

Hasil buruk yang diperoleh di awal musim kompetisi 2021/2022 membuat posisi Ronald Koeman kembali goyah, karena banyak pihak mendesak manajemen untuk memecatnya.

Sebagai salah satu kandidat pengganti Koeman, terdapat nama mantan pemain Barca, Xavi yang digadang sebagai orang yang tepat untuk melatih pasukan Catalan saat ini.

Xavi memiliki karir yang sangat panjang sebagai pemain di Camp Nou. Selain itu Xavi juga merupakan alumni akademi La Masia.

Xavi sangat memahami tiki-taka dan tahu bagaimana cara melakukannya. Xavi juga sudah cukup berhasil sebagai pelatih di Liga Qatar. Ia sangat disegani sebagai pelatih di negara tersebut.

Joan Laporta Menolak Xavi Hernandez Menjadi Pelatih Barcelona

xavi-hernandez-barcelona
xavi-hernandez-barcelona

Mengutip dari SPORT, manajemen Barcelona sangat berminat dengan alternatif memilih Xavi untuk menggantikan Koeman.

Namun, keinginan beberapa anggota manajemen Barcelona itu tidak mendapat respon yang positif dari presiden Barca, Joan Laporta. Joan Laporta menolak Xavi Hernandez menjadi pelatih Barcelona.

Laporta memiliki alasan sendiri mengapa dia masih meragukan kualitas Xavi untuk melatih raksasa Spanyol tersebut. Laporta mengatakan bahwa kompetisi di negara Qatar belum dapat dijadikan parameter bagus maupun tidaknya kapasitas Xavi sebagai seorang pelatih.

Laporta bersedia menerima Xavi di klub Catalan itu. Namun, sang presiden berharap Xavi bersedia lebih dahulu menangani Barcelona B, sebelum menjadi nahkoda di tim utama.

Laporta berharap Xavi mau mengambil jalan yang pernah dilalui oleh Pep Guardiola dengan terlebih dahulu menjadi pelatih di Tim B.

Selain itu, Laporta dikabarkan tidak mau Xavi menangani Blaugrana, sebab dia tidak memberikan dukungan saat pemilihan presiden Barcelona beberapa waktu yang lalu.

Laporta kemungkinan tidak bakal memberhentikan Koeman dalam waktu dekat. Laporta masih melakukan evaluasi dan bertatap muka dengan Koeman untuk mendiskusikan kondisi yang dialami oleh tim.

Namun, Laporta juga dikabarkan memiliki sosok lain sebagai kandidat pelatih baru Barcelona. Sosok ini justru belum pernah disebut untuk melatih tim Catalan itu.

Dikutip dari SPORT, Laporta sangat terkesan dengan sepak terjang Roberto Martinez, pelatih yang kini menangani tim nasional Belgia.

Martinez memiliki jejak karier yang cukup mengesankan di timnas Belgia, dan mampu menampilkan gaya sepak bola menyerang yang cantik.

Anda mungkin juga menyukai:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *